Entri Populer

Rabu, 24 Oktober 2012

Konsep Pengolahan Sampah Kota yang Zero Waste dengan Teknologi Pirolisis

Bukan rahasia lagi bahwa masalah sampah telah menjadi masalah umum di berbagai tempat, terutama di kota-kota besar. Tantangannya adalah bagaimana membuat unit pengolah sampah yang zero waste dan mendatangkan keuntungan? Integrasi teknologi pirolisis kontinyu dan biogas itulah jawabannya. Dengan pirolisis, sampah organik, plastik, dan ban bekas akan menghasilkan produk-produk yang spesifik yang bernilai ekonomi tinggi. Ketika mengolah sampah organik produk utama yang dihasilkan adalah arang, biooil, dan syngas. Ketiga-tiganya bisa digunakan untuk aplikasi energi. Sedangkan ketika mengolah plastik akan dihasilkan produk utama syn crude oil yang kualitasnya sama seperti minyak bumi. Pengolahan ban bekas dengan pirolisis akan dihasilkan produk utama syn crude oil seperti pada pengolahan plastik dan carbon black.

Dengan adanya penjualan dari produk-produk pirolisis tersebut maka aktivitas pengolahan sampah tersebut tidak hanya tergantung pada tipping fee, tetapi mayoritas keuntungan didapat dari penjualan produk-produk pirolisis tersebut. Selain pirolisis ada 2 proses thermal yang biasa digunakan untuk mengolah sampah yakni gasifikasi dan insinerasi, pirolisis mempunyai banyak keunggulan dibanding kedua metode tersebut, lebih detail silahkan klik disini.




Pada proses pengolahan sampah organik dengan teknologi pirolisis kontinyu ini, sebelum sampah organik masuk sebagai umpan unit pirolisis, kadar air sampah organik perlu diturunkan hingga sekitar 10% dengan menggunakan pengepressan mekanik. Pada proses ini akan dihasilkan air lindi (leachate) yang kaya bahan organik sehingga potensial dijadikan biogas dengan anaerobic digestion reactor, sehingga akan dihasilkan gas yang bisa untuk pembangkit listrik. Sedangkan produk samping berupa residu air akan lebih bersih karena komponen organik terurari saat pembentukan biogas, sehingga aman dibuang ke lingkungan dan residu padat akan dijadikan sebagai kompos berkualitas tinggi.
Posted by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar