Entri Populer

Rabu, 06 Maret 2013

Hasilkan Listrik dari Sampah dengan Teknologi Gasifikasi Biosfir

Sampah senantiasa menjadi masalah cukup besar bagi lingkungan. Sampah berbau busuk dan membawa bakteri dan kuman dalam jumlah yang tak terhitung. Tak ada orang yang menginginkan sampah. Tidak terhitung berapa banyak cara dilakukan untuk membersihkan sampah. Setiap kali membuang sampah padat, gas sampah tercipta, sehingga akhirnya menimbulkan polusi udara. Selama ini pembuangan limbah padat di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) merupakan metode utama yang dipakai untuk membuang limbah. Pembuangan limbah di TPA tidak menciptakan emisi gas karbon namun tidak juga menghilangkan limbah padat.

Teknologi baru telah dikembangkan untuk menghilangkan sampah padat tanpa menimbulkan polusi udara. Solusi tersebut disebut teknologi biosphere dan melibatkan mesin biosphere. Mesin biosphere membatasi pelepasan gas rumah kaca ke atmosfer dengan melakukan proses penghapusan limbah menyeluruh di dalam ruangan beroksigen terbatas.
Teknologi gasifikasi biosphere tidak menghentikan penghapusan sampah; teknologi tersebut mampu memanfaatkan sampah yang mudah terbakar untuk menghasilkan listrik. Mesin biosphere mengubah partikel limbah ke dalam uap yang sangat panas yang mampu menggerakan generator listrik. Oleh karena itu, tidak harus menghadapi kerugian untuk menghilangkan sampah, dengan teknologi biosphere, setiap orang akan diuntungkan dengan penghapusan limbah karena menghasilkan listrik.

Kemampuan mesin biosphere menghasilkan energi sangat efisien bahkan kemampuan menghilangkan limbah dengan aman lebih baik. Tingkat efisiensi mampu sama bahkan melampaui tenaga batu bara dan minyak. Tenaga gasifikasi biosphere karena memiliki potensi untuk menggantikan bentuk pembangkit tenaga, khususnya yang berkontribusi terhadap polusi.

Model paling tinggi teknologi gasifikasi adalah biosphere MKV yang dipatenkan oleh Ronald Shanne Flynn dari True Green Energy Group. Biosphere MKV telah disetujui oleh pemerintah Filipina dan fasilitas biosphere di Filipina sedang dilakukan di San Fernando, Pampanga. Republik Asia telah dihormati karena menjadi yang pertama dengan mengkampanyekan Biosphere Zero Waste yang bertujuan untuk menghapuskan TPA dengan mengubah semua sampah yang ditemukan menjadi listrik ramah lingkungan.

Bayangkan, satu fasilitas mesin biosphere mampu mendaur ulang 720 ton sampah dan menghancurkan 172 ton sampah non-daur ulang per hari. Ditemukannya teknologi biosphere ini mungkin dapat membantu pemerintah dalam mengatasi sampah yang menumpuk di TPA.
Semoga menjadi inspirasi

Sumber: ezinearticles.com dan tgeg-asia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar