Entri Populer

Rabu, 06 Maret 2013

“Kepedulian lingkungan penduduk dunia semakin berkurang”

Sumber : Global scan.

Polling yang dilakukan di beberapa negara menunjukan kepedulian terhadap lingkungan penduduk dunia semakin rendah. Hasil polling yang dilakukan oleh Globalscan Poll mencakup 22 neagara denga total 22.812 diinterview baik secara bertatap muka langsung ataupun via telepon.  Sebanyak 12 negara sebelumnya telah dilakukan survey mengenai isu lingkungan sejak 1992.

Pertanyaan yang diajukan kepada responden berupa pendapat responden terhadap tingkat keseriusan permasalahan lingkungan meliputi polusi udara, polusi air, kehilangan keanekaragaman, emisi kendaraan bermotor, kelangkahan air, dan perubahan iklim. Hasil yang didapatkan menunjukan hanya sedikit masyarakat mengkatagorikan maslah tersebut dalam kategori sangat serius, terlebih sejak servey ini dilakukan 20 tahun yang lalu.

Dari keenam isu masalah lingkungan tersebut, isu perubahan iklim tidak mengalami penurunan drastis seperti tahun 1998 dan 2003. Kepedulian terhadap isu polusi air dan udara, keanekaragaman hayati, secara signifikan cukup rendah dibandingkan saat survei ini dilakukan tahun 1990-an. Turunnya tingkat kepedulian terhadap isu lingkungan juga menurun tajam dalam 2 tahun terakhir.
Hasil release GlobalScan menyatakan pemahaman terhadap keseriusan masalah lingkungan telah turun tajam sejak tidak suksesnyakesepakatan dalam Cilmate Sumiit PBB pada Desember 2009. Walaupun kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan semakin berkurang,  namun sebagian besar menyadari bahwa masalah terkait lingkungan merupakan maslaah “sangat serius”. Masalah lingkungan yang menjadi sorotan utama yaitu kelangkaan dan polusi air, diikuti dengan keanekaragaman hayati, polusi air, perubahan iklim, dan emisi kendaraan bermotor.

enviro-concern-radar-2012


Permasalahan krisis ekonomi dan kurangnya kepemimpinan politik, membuat masyarakat tidak lagi peduli dengan permasalahan lingkungan. Diperlukan usaha besar dan pesan baru agar dapat mebawa kembali opini masyarakat untuk  lebih peduli lagi terhadap lingkungan. Sahabat matoa, saatnya kita bekerja lebih keras nih..!! salam hijau..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar