Entri Populer

Kamis, 28 April 2011

PELATIHAN TUTOR MOBIL HIJAU DI KEBUN KARINDA

Blog Entry
Mar 20, '11 11:22 PM
for everyone
Mobil Hijau merupakan bagian dari konsep pendidikan bergerak yang dikembangkan oleh SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu). Melalui Mobil Hijau, warga masyarakat bisa mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Mobil Hijau ini tidak hanya secara teori memberikan informasi kepada masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan. Mobil Hijau ini pun akan memberikan pelatihan kepada masyarakat. Wilayah yang menjadi sasaran operasi Mobil Hijau ini adalah masyarakat pinggiran.

Mobil Hijau merupakan paket mobil untuk melatih masyarakat menjaga dan melestarikan lingkungan. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai peralatan teknis seperti alat penyuling air, peralatan pembuat biopori, perangkat lomputer, dan buku-buku mengenai lingkungan hidup. atau pelosok yang kurang memiliki akses informasi mengenai lingkungan hidup. Pada peluncuran yang pertama tahun 2010, telah didistribusikan 10 (sepuluh) unit Mobil Hijau di beberapa wilayah, yaitu JABODETABEK, Prov. Jawa Barat, Kab. Kulon Progo, Kab. Pacitan, Prov. Jawa Timur, Prov. Nusa Tengara Timur dan Prov. Sulawesi Selatan. Selanjutnya pada tahun 2011 ini, telah direncanakan peluncuran 4 (empat) unit Mobil Hijau  - SIKIB yang akan beroperasi di wilayah Prov. Riau, Prov. Jambi dan Kab. Ogan Komering Ilir (Prov. Sumatera Selatan). Oleh sebab itu untuk memfasilitasi operasional Mobil Hijau - SIKIB, agar bermanfaaat dan merata kepada masyarakat, maka perlu dilatih sumber daya manusia yang kompenten, sehingga dapat menyampaikan program-program Mobil Hijau -SIKIB dengan baik dan benar. 

Menurut Ibu Erna Witoelar, koordinator program Mobil Hijau SIKIB, MOHI ini adalah upaya para istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan di masyarakat. MOHI akan mengunjungi pinggiran kota agar bisa memperoleh informasi ekologi yang lebih baik dan lengkap. Karena itu, lanjut dia, operator diminta bisa berbaur dengan anak-anak dan kelompok perempuan, dua komunitas yang menjadi rekan Mobil Hijau. 

Tutor MOHI tahap II mendapat pelatihan daur ulang sampah organik di Kebun Karinda tanggal 21 Januari 2011, didampingi oleh Ibu Violet Hatta, istri Menteri Lingkungan Hidup. Ibu Violet Hatta memberi sambutan didampingi Ibu Djamaludin Suryohadikusumo, dan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KLH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar